Batulicin- Memiliki Relawan yang cakap, tangkas dan juga tangguh dalamPenanggulangan Bencana merupakan sumber daya yang sangat dibutuhkan olehBadan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, untukmemenuhi kebutuhan tersebut tersebut diperlukan pelatihan dan pengalamansehingga para relawan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional.

Maka dari itu BPBD Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan PelatihanPeningkatanan Kapasitas Relawan Penanggulangan Bencana (PB) bagi TimRelawan Kabupaten Tanah Bumbu di Kawasan Kapet Batulicin.Acara ini diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 10 – 15 Oktober 2017. Dandibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum H. Drs. Mustaing.

Kegiatan pelatihan pusatkan di dua tempat yakni Kapet Batulicin KecamatanSimpang Empat dan Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Adapun peserta pelatihan sebanyak 50 orang terdiri oleh relawan penaggulanganbencana dari seluruh elemen masyarakat yang ada di sepuluh kecamatan diKabupaten Tanah Bumbu dan juga relawan dari instansi Pemerintah dan Swasta.Selain itu panitia juga mengundang para nara sumber dan instruktur diantaranya,dari Nara Sumber dari Badan SAR Nasional Indonesia.Dalam pelatihan ini nantinya para relawan akan mendapatkan ilmu danpengetahunan yang lengkap mengenai , dinamika kelompok, sistem dan manajemenkedaruratan PB, SOP Kesiapsiagaan dan kedaruratan, serta pedoman & kecakapanrelawan penaggulangan bencana disituasi apapun baik di darat maupun di air.

Melalui pelatihan tersebut diharapkan para relawan dapat memiliki kemampuan danpengetahuan dasar tentang penanggulangan bencana di Kabupaten Tanah Bumbusehingga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, efektif dan efIsien di lokasibencana.

(Ynr/MC.Tanbu)