Fokus Tri Dharma Pembangunan

Prev Next
Realisasi Bantuan Sekolah Gratis Tahun …
Realisasi  Bantuan Sekolah Gratis Tahun 2013

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai...

Administrator 20 Jul 2014 Hits:262 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH…
LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11

LAPORAN KHUSUS HARI JADI KABUPATEN TANAH BUMBU KE 11 Membangun Semangat Kegotongroyongan Untuk Tanah Bumbu Yang Lebih Baik Hari ini Selasa tanggal 8 April 2014 Kabupaten Berusia...

Administrator 11 Apr 2014 Hits:882 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more
Tri Event Spektakuler di Tanah Bumbu sel…

Bulan April pada tahun ini bagi Kabupaten Tanah Bumbu merupakan PESTA AKBAR Tri Spektakuler, karena selama bulan April di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggencarkan tiga event sekaligus diantaranya :1.    Perayaan...

Administrator 25 Mar 2014 Hits:779 Fokus Tri Dharma Pembangunan

Read more

Tanbu Bakal Miliki RTH Kota

Senin, 04 Maret 2013 01:27 administrator Berita - Pemerintahan
Cetak

Batulicin - Tidak lama lagi, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bakal memiliki fasilitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di pusat kota kabupaten. Rencananya RTH atau publik biasa menyebutnya sebagai alun-alun kota  itu akan dibangun di lokasi eks Terminal Batulicin.
Sejauh ini langkah persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas tekhnis terkait, mulai dari tahap perencanaan desain rancang bangunnya, tahap pembebasan lahan, sosialisasi rencana pembangunan kepada masyarakat, hingga jadwal pengerjaan proyek.
Untuk merealisasikan proses pembangunan RTH pertama yang akan direalisasikan pelaksanaannya oleh pemerintah daerah itu sendiri, Bupati Tanbu Mardani H. Maming sudah mulai melakukan langkah sosialisasi kepada masyarakat.
Upaya ini penting dilakukan mengingat untuk kelancaran proses pengerjaan pembangunan RTH itu pemerintah daerah juga memerlukan dukungan penuh dari masyarakat termasuk warga yang saat ini menjalankan roda perekonomian mereka di area eks Terminal Batulicin sebagai pedagang makanan dan minumnan serta pelaku usaha lainnya.
Menurut Bupati Tanbu Mardani H. Maming, sosialisasi harus dilakukan agar proses pembangunan dapat berjalan lancar, dan masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan ruang atau fasilitas publik itu.
Ditambahkannya, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) itu dimaksudkan sebagai fasilitas pelengkap keberadaan kawasan Simpang Empat sebagai salah satu pusat kegiatan publik di pusat kota Kabupaten Tanbu.
Diharapkan, dengan dibangunnya RTH yang nantinya akan ditempatkan di area eks Terminal Batulicin itu akan mampu memberikan nuansa keindahan dan keasrian kawasan yang berdampingan dengan Pusat Niaga Bersujud.
“Kita berharap dengan dibangunnya RTH itu akan memberikan aspek keindahan dan asri dikawasan pusat kota Kabupaten Tanah Bumbu. Selain tentu saja, kersediaan RTH itu juga termanfaatkan sebagai media bersantai bagi masyarakat”, sebut Mardani saat melakukan Sosialisasi Rencana Pembangunan RTH di Aula Kantor Camat Simpang Empat, Rabu (27/2) lalu.
Nantinya di area RTH tersebut, pemerintah daerah juga akan membangun kios dan warung sebagai fasilitas penunjang keberadaan RTH. Dan kios-kios atau warung yang ada itu akan ditempati oleh pedagang yang selama ini menempati lokasi eks Terminal Batulicin dengan sistem sewa. Untuk ketentuan sistem sewanya sendiri diatur dengan Peraturan Daerah (Perda).
Sementara itu terkait dengan jadwal pengerjakan fisik dan pembiayaan pembangunan RTH itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum A. Sofiani melalui Sekretarisnya Roy Rizali Anwar mengatakan, pengerjaan pembangunan RTH tersebut akan mulai dilaksanakan pada Maret tahun 2013 ini, dan akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2014 atau dengan pola proyek multy years (tahun jamak).
“Saat ini kami tengah melaksanakan proses pelelangan untuk menentukan pelaksana proyek. Dan sebagai informasi RTH itu nantinya akan dibangun di atas lahan seluas  1 Ha, dengan biaya pembangunan sebesar Rp. 4.369.952.442,- dengan sumber pembiayaan dari dana sharing APBN dan APBD Tanah Bumbu”, ungkap Roy.
Dari jumlah anggaran pembangunan sebesar itu, untuk pembangunan fisik RTH menggunakan alokasi dana yang bersumber dari APBN, sedangkan untuk pembangunan gerbang, panggung, dan kios menggunakan alokasi dana APBD Tanbu. (rel/hum)

|:. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .:|